Anak Sering Mimisan, Berbahayakah?

Dalam dunia kedokteran, mimisan dikenal dengan nama epistaksis. Keluhan dari masalah ini mulai dari yang ringan hingga yang berat. Mimisan dikenal sebagai kondisi dimana hidung mengeluarkan darah secara tiba-tiba. Dokter tidak pernah menganggap mimisan sebagai sebuah penyakit, melainkan sebuah gejala dari sebuah kelainan.

Sebagian besar kasus mimisan akan berhenti sendirinya, hampir 90% dari banyaknya kasus. Dan mimisan juga merupakan kondisi yang wajar dimana hampir semua orang pernah mengalaminya. Namun bagaimana dengan anak yang sering mimisan? Apakah ini sebuah gejala dari penyakit berbahaya? Apa yang harus dilakukan oleh Anda selaku orang tua?

Pada dasarnya, mimisan dibagi menjadi dua jenis dan memiliki penyebab yang benar-benar berbeda. Yuk simak saja informasinya berikut ini!

Anak Sering Mimisan Anterior

Ketika terjadi pendarahan pada dinding pemisah rongga hidung bagian bawah (nasal septum), maka akan terjadilah kondisi yang dinamakan dengan mimisan anterior. Hidung merupakan bagian tubuh yang sangat sensitif karena menyimpan banyak pembuluh darah halus yang bisa pecah karena benturan. Jenis mimisan yang satu ini dikategorikan tidak terlalu serius dan bisa ditangani dengan mudah di rumah.

Beberapa Penyebab Mimisan Anterior:

Terlalu keras mengorek-ngorek bagian dalam hidung yang merusak pembuluh darah.
Pilek atau flu.
Terjadi benturan pada bagian hidung.
Alergi pada bagian nasal.
Menurunnya jumlah oksigen di suatu ketinggian tertentu.
Cuaca yang terlalu kering membuat hidung mudah mimisan.
Penggumpalan darah akibat penyakit lever.
Infeksi pada sinus dan hidung.

Anda bisa mmenangani jenis mimisan yang satu ini dirumah dengan alat seadanya, seperti kapas atau daun sirih untuk menyumpal hidung anak Anda.

Anak Sering Mimisan Posterior

Epistaksis ini terjadi akibat pendarahan pada bagian hidung yang letaknya jauh dan tinggi, tepatnya pada cabang arteri yang mengalirkan darah ke hidung. Jenis epistaksis yang satu ini merupakan jenis yang berat. Dibutuhkan perawatan medis yang serius jika anak Anda yang sering mimisan mengalami jenis ini.

Beberapa Penyebab Mimisan Posterior:

Kekurangan kalsium.
Tekanan darah tinggi.
Zat kimia yang mengiritasi membran pada bagian dalam hidung.
Tekanan darah tinggi.
Gejala dari penyakit lain, seperti tumor dan leukimia.

Diperlukan penanganan yang lebih lanjut untuk jenis mimisan yatu ini karena bisa jadi merupakan awal dari penyakit berbahaya lainnya.

Menangani Anak yang Sering Mimisan

Pada kasus mimisan pada anak-anak, Anda harus tau dulu penyebab atau faktor pemicu terjadinya mimisan pada anak Anda. Cari tau seberapa sering anak Anda mengalami mimisan dalam sebulan? Untuk usia anak-anak, mimisan seringkali terjadi disebabkan oleh trauma. Namun penyebabnya harus dicari, jika saja mimisan terjadi secara tiba-tiba. Kemungkinannya adalah kelainan pada pembuluh darah yang mudah pecah atau karena kelainan pembekuan darah. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan yang lebih lanjut ke dokter spesialis THT.

Demikianlah sedikit bahasan untuk menangani anak yang sering mimisan dan mencari tau apa sebenarnya penyebab mimisan tersebut. Semoga bermanfaat!


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.