Ini Dia Faktor-Faktor Penyebab Kolesterol Tinggi!

Apakah Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi? Anda tentu tidak sendirian, banyak sekali mereka yang juga memiliki masalah yang sama dengan Anda. Sesungguhnya, kolesterol tinggi bukanlah sebuah penyakit, melainkan kondisi dimana terjadi ketidak-seimbangan dalam tubuh manusia.

Bahkan kolesterol tinggi dapat menyebabkan meningkatnya resiko penyakit berbahaya seperti diabetes, stroke, penyakit yang berkaitan dengan kardiovaskular, dan tekanan darah tinggi. Dalam keadaan normal, kolesterol punya fungsi baik untuk tubuh dimana dapat memelihara dan membangun sel membran, serta membantu berbagai produksi hormon dalam tubuh.

Sayangnya, sesuatu yang berlebihan tentu tidak akan baik. Lalu, apa sebenarnya penyebab kolesterol tinggi? Ada berbagai faktor resiko yang menentukan kelebihan kadar kolesterol dalam tubuh. Simak saja bahasannya berikut ini!

Penyebab Kolesterol Tinggi yang Tidak Dapat Dicegah

Ada beberapa faktor penyebab kolesterol tinggi yang sama sekali sulit untuk dicegah maupun dirubah, beberapa diantaranya adalah:

  1. Keturunan: Gen mungkin berpengaruh besar dalam bagaimana tubuh melakukan metabolisme terhadap kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Keadaan ini memiliki nama kedokteran Familial Hypercholesterolemia.
  2. Umur dan Jenis Kelamin: Setelah mencapai umur 20 tahun, kadar kolesterol dalam tubuh Anda akan secara natural semakin bertambah. Pada seorang laki-laki, kadar kolesterol akan berhenti bertambah pada umur 50 tahun. Berbeda dengan wanita yang kadar kolesterolnya berhenti meningkat setelah melewati umur 60-65 tahun. Biasanya, wanita yang belum mengalami menopause akan memiliki kolesterol total yang lebih rendah dari pria yang seumuran.

Penyebab Kolesterol Tinggi yang Dapat Dicegah

Dapat dicegah berarti bahwa Anda bisa melakukan berbagai cara untuk mencegah kolesterol tinggi dapat terjadi. Beberapa faktor penyebab kolesterol tinggi yang dapat Anda cegah diantara lain adalah:

  • Pola makan: Segala makanan yang Anda makan memiliki kalori dan kandungan lain yang dapat mempengaruhi tubuh, termasuk kandungan kolesterol. Banyak sekali makanan yang mengandung kolesterol tinggi, terutama pada makanan yang berasal dari hewan. Minyak jenuh juga sering ditemukan dalam margarin, makanan ringan, kue kering, dan minyak kelapa. Namun, makanan cepat saji lah yang paling berpengaruh dalam menambah tingkat kolesterol di dalam tubuh.
  • Berat badan: Kelebihan berat badan hanya akan meningkatkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Cara pencegahannya tentu dengan menurunkan berat badan. Selain bisa mendapatkan berat yang ideal, kehilangan beberapa kilogram juga dapat meningkatkan kadar HDL dan menurunkan kada trigliserida.
  • Aktivitas fisik: Kurangnya bergerak aktif dapat membuat lemak bertumpuk di dalam tubuh. Cobalah untuk menjadi lebih aktif dengan berolahraga secara rutin dan teratur.
  • Pemakaian alkohol dan rokok: Terlalu banyak minum minuman beralkohol hanya akan menyebabkan hipertensi, merusak hati dan jantung, sertai meningkatkan dar gliserida dapam tubuh. Begitu pula yang terjadi pada perokok aktif. Kedua kebiasan buruk tersebut tentu bisa Anda hentikan dari sekarang juga.
  • Stres secara emosional: Beberapa penelitian mengatakan jika stres dalam jangka waktu yang lama hanya akan menaikkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Bahkan, stres juga bisa mempengaruhi kebiasaan Anda. Pada beberapa orang, mereka cenderung melampiaskan stres dengan memakan makanan yang banyak mengandung lemak. Stres juga membuat seseorang malas untuk melakukan aktifitas fisik dan lebih memilih berdiam diri.

Itulah dia beberapa faktor penyebab kolesterol tinggi yang sekiranya penting untuk Anda ketahui sebagai penambah wawasan. Semoga bermanfaat!


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.