Cara Mengatasi Diare yang Mudah dan Cepat

Pernahkah Anda mengalami diare? Ketika hasil buangan Anda berair dan bertekstur encer dengan frekuensi buang air besar yang lebih sering dari biasanya, kondisi ini dapat diartikan sebagai diare. Penyebab diare bermacam-macam, bisa saja karena infeksi (virus, parasit, bakteri), alergi makanan, intoleransi makanan, efek samping obat-obatan, atau mungkin gejala dari salah satu penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

Diare seringkali membuat penderitanya tidak nyaman dan sulit beraktivitas. Anda bisa lho menuntaskan penyakit ini dengan menyimak cara-cara mengatasi diare berikut ini!

Cara Mengatasi Diare dengan Tepat

Diare dapat sembuh dengan sendirinya, seperti yang terjadi dalam sebagian kasus. Namun jangan abaikan diare, karna penyakit ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami dehidrasi parah yang bisa berujung pada kematian. Untuk itu, yuk simak cara mengatasi diare dengan tepat berikut ini:

  1. Perbanyak minum cairan – Agar penderita terhindar dari dehidrasi, minumlah banyak cairan. Bisa saja dengan air putih, kuah sayur bening, atau kuah kaldu. Jika diperlukan, buatlah larutan gula garam yang bisa menggantikan cairan tubuh manusia dengan cepat. Air sening yang berwarna bening atau kuning jernih merupakan tanda bahwa tubuh sudah cukup mendapatkan cairan.
  2. Pilih makanan yang mudah dicerna – Diare kadang disertai dengan nyeri pada perut. Sebaiknya konsumsi makanan yang rendah serat dan semipadat selama gejala diare masih menetap. Contohnya antara lain: bubur, roti, biskuit, dan pisang.
  3. Asupan probiotik – Usus yang sehat dapat menunjang keseluruhan tubuh agar tetap sehat. Kembangkan bakteri baik yang hidup di dalam usus dengan memenuhi asupan probiotik. Keju dan yogurt dipercaya mampu meningkatkan jumlah bakteri baik untuk memerangi bakteri jahat yang masuk ke dalam saluran pencernaan.
  4. Obat diare – Pada dasarnya, Anda tidak memerlukan obat untuk mengatasi diare ringan. Kebanyakan obat diare sekarang ini mengandung bismuth subsalicylare atau loperamide. Konsultasikan pada dokter sebelum Anda menggunakannya, terutama untuk anak-anak.
  5. Hindari minuman dan makanan tertentu – Hindari minuman yang bisa meningkatkan pembuangan cairan tubuh, seperti minuman beralkohol dan kafein. Batasi dan sebisa mungkin jangan makan makanan yang pedas, berbumbu tajam, tinggi serat, dan berlemak selama Anda masih merasakan beberapa gejala diare.

Cara Tradisional dengan Apotik Hidup Mengatasi Diare

Daripada harus terus-terusan bergantung pada obat, Anda bisa lho meredakan diare dengan cara yang alami. Berikut ini adalah cara mengatasi diare menggunakan bahan-bahan alami:

  1. Kunyit – Penelitian mengungkapkan bahwa kandungan zat dalam kunyit dapat menyeimbangan sistem pencernaan, terutama saat sedang diare. Caranya adalah dengan memarut satu buah kunyit dan tambahkan ke dalam air hangat. Minum ramuan ini hingga gejala diare hilang.
  2. Teh – Di antara waktu makan, selingi dengan menyesap secangkir teh hangat untuk mengurangi dehidrasi dan menenangkan sistem pencernaan Anda. Berbagai macam teh, mulai dari teh hitam, teh chamomile, dan teh raspberry, semuanya baik untuk menangani diare. Bila Anda suka, tambahkan saja sedikit air perasan lemon.
  3. Air cuka apel – Apple cider vinegar atau cuka apel bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatasi diare secara tradisional yang ampuh. Anda bisa mencampurkan setidaknya dua sendok makan cuka apel ke dalam secangkir air hangat, kemudian diminum.

Demikianlah sedikit bahasan seputar tips dan cara mengatasi diare, baik yang konvensional maupun yang tradisional. Anda juga bisa mendapatkan terapi alternatif lain dengan terapi ozon untuk memperbaiki sistem pencernaan yang mungkin terganggu karena turunnya sistem defensif tubuh, atau racun yang masuk kedalam melalui konsumsi makanan. Segeralah periksa keadaan Anda agar mendapatkan hasil dari tenaga ahli yang bisa lebih tanggap dalam melakukan research seputar gangguan pencernaan yang Anda alami.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.