Mengenal Macam-Macam Anemia dan Pilihan Pengobatannya

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan penyakit bernama anemia, atau juga dikenal dengan penyakit kekurangan darah. Sesungguhnya, anemia tidak hanya disebabkan oleh satu faktor. Karena inilah, ada macam-macam anemia yang penyebabnya berbeda-beda. Mengetahui perbedaan diantaranya dapat membuat pengobatan yang dipilih menjadi tepat dan juga terarah.

Ragam Anemia Karena Sel Darah Merah Abnormal

Ketika sel darah merah menunjukkan tanda ketidak-abnormalan, kondisi ini akan membawa penderitanya pada anemia. Berikut ini adalah beberapa jenis anemia yang disebabkan oleh sel darah merah yang tidak pada semestinya:

  • Talasemia: Kondisi ini terjadi saat seseorang memproduksi sel darah merah atau hemoglobin lebih sedikit jika dibandingkan dengan kebanyakan orang normal. Bila tidak ditangani, kondisi ini dapat membawa penderitanya pada anemia, baik ringan atau berat. Disebut cooley anemia ketika kondisi ini menyebabkan anemia yang berat.
  • Sickle Cell Anemia (Anemia Sel Sabit): Ketika sel-sel darah merah memiliki tepi yang runcing dan melengkung, kondisi ini disebut dengan anemia sel sabit. Bila dibandingkan sel darah merah pada umunya, sel darah ini punya umur yang sangat singkat. Produksi sel darah merah yang tidak dapat mengimbangi kecepatan sel sabit ini rapuh dan mati membawa sang penderita pada anemia. Seringkali, sel-sel sabit ini bisa sangat berbahaya. Ketika terjebak di pembuluh darah kecil, sel-sel ini dapat menghalangi aliran darah yang harusnya membawa nutrisi ke organ-organ penting dalam tubuh.

Anemia yang disebabkan oleh sel darah merah yang tidak normal haruslah segera diperiksakan ke dokter.

Macam-Macam Anemia Karena Produksi yang Terganggu

Manusia memproduksi sel darah merah di sum-sum tulang belakang. Ada sebuah hormon yang dihasilkan oleh ginjal yang membantu produksi sel darah merah ini, yaitu hormon eritropoitin. Agar terbentuk sel-sel darah merah yang sehat, dibutuhkan bahan baku utama seperti asam folat, zat besi, dan vitamin B12. Ketika semua proses tersebut mengalami gangguan, maka terjadilah anemia. Berikut ini adalah macam-macam anemia yang disebabkan oleh produksi yang terganggu.

  1. Anemia Gagal Ginjal: Karena tubuh memerlukan hormon erotropoitin yang dihasilkan oleh ginjal untuk merangsang produksi eritrosit, maka kesehatan ginjal pun banyak berpengaruh dalam pembentukan sel darah merah. Ketika terjadi kerusakan pada ginjal dalam jangka waktu yang cukup lama, maka akan menyebabkan anemia.
  2. Anemia Defisiensi Besi: Ini merupakan jenis anemia yang paling sering ditemui. Kondisi ini disebabkan sebagai sinyal tubuh yang menandakan kekuarangan zat besi sebagai bahan utama dalam pembuatan hemoglobin. Anemia jenis ini juga sering ditemukan pada ibu hamil. Anda bisa mencegah anemia jenis ini dengan memenuhi asupan zat besi harian.
  3. Anemia Defisiensi Asam Folat: Bebera dengan anemia jenis sebelumnya, anemia ini cenderung membuat sel-sel darah merah menjadi berukuran lebih besar. Anemia defisiensi asam folat juga seringkali disebut dengan anemia megaloblastik. Anda harus memenuhi asupan asam folat sebaik mungkin agar dapat terhindar dari anemia ini.
  4. Anemia Defisiensi Vitamin B12: Disebut juga dengan nama anemia pernisiosa yang terjadi akibat tubuh kekurangan vitamin B12 karena gangguan autoimun atau gangguan pada usus. Anda mungkin memerlukan suplemen vitamin B12 agar tidak mengalami kekurangan vitamin ini.
  5. Anemia Aplastik: Ketidakmampuan tubuh dalam membuat sel darah yang baru. Dalam kondisi ini, tubuh tidak hanya akan kekurangan sel darah merah, namun juga trombosit dan sel darah putih.

 


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.