Tips Dalam Mengobati Ambeien untuk Ibu Hamil

Ambeien bisa terjadi pada siapa saja, tak terkecuali ibu hamil. Hampir sebagian besar kasus ambeien ditemukan pada ibu hamil. Penyebab terjadinya ambeien pada ibu hamil diantara lain karena perubahan hormon, sembelit, dan ukuran janin yang semakin hari semakin membesar. Penyakit ini bisa jadi sangat merepotkan, terutama ketika dialami pada masa kehamilan. Meski bisa sembuh sendiri dalam 1-2 minggu, tetap saja ambeien akan sangat menjengkelkan. Cari tau solusi dalam mengobati ambeien pada ibu hamil dengan tips-tips berikut ini!

Rahasia Mengobati Ambeien di Masa Kehamilan

Jika dibandingkan dengan pengobatan ambeien biasa, mengatasi penyakit ini pada ibu hamil tentu sangatlah sulit. Karena itulah, coba ikut tips-tips mengobati ambeien berikut ini:

Memperbanyak minum air putih: Konsumsilah air putih yang cukup, setidaknya 1,5 liter – 2 liter (setara 6-8 gelas) dalam sehari. Karena cukup cairan, pencernaan Anda akan menjadi lancar dan feses juga akan melunak sehingga mudah dikeluarkan.
Jangan menahan BAB: Kebiasaan buruk ini mungkin seringkali Anda lakukan karena keinginan buang air besar yang datang disaat waktu yang tidak tepat. Hal ini dapat membuat feses mengeras dan membuat rasa sakit ketika sedang mengejan. Selalu sempatkan diri untuk buang air besar ketika keinginan itu datang.
Berendam dalam air hangat: Ini merupakan cara mengobati ambeien yang cukup efektif. Air panas punya efek untuk mengurangi penggumpalan darah yang membeku pada bibir anus. Setiap habis buang air besar, berendamlah dalam bathtub atau ember yang berisi air suam kuku selama 10-15 menit saja.
Menjaga kebersihan anus: Ini merupakan hal penting yang harus selalu Anda ingat jika memiliki masalah dengan ambeien. Sehabis buang air besar, gunakanlah tissue basah khusus bayi untuk membersihkan daerah anus. Pastikan untuk menggunakan tissue basah yang bebas pewangi dan alkohol.
Mengubah posisi tidur: Cobalah untuk mencoba tidur dengan posisi miring, baik ke kiri atau ke kanan. Dengan begitu Anda dapat mengurangi tekanan pada uterus dan mengurangi rasa nyeri yang Anda dapatkan akibat ambeien.
Bergerak aktif: Untuk ibu hamil, jalan kaki atau berenang adalah olahraga yang tepat. Anda juga bisa mencoba sesuatu hal yang baru, seperti senam hamil dan yoga. Dengan bergerak aktif, otot-otot pada saluran pencernaan menjadi lebih sehat dan fungsinya untuk mendorong sisa makanan ke saluran pembuangan akan meningkat.
Rutin mengonsumsi buah dan sayuran: Ibu hamil penderita ambeien haruslah memenuhi kebutuhan seratnya dengan makan makanan yang kaya serat, seperti buah dan sayuran. Lebih banyak serat, maka lebih lancar pula buang air besar Anda. Sebisa mungkin hindari makanan yang berlemak, pedas, dan asam.
Kompres air batu: Kurangi pembengkakan pada daerah anus dengan menggunakan kompres es batu, kurang lebih 10 menit. Anda bisa melakukannya disaat-saat ambeien Anda terasa nyeri.
Mengobati ambeien secara alami: Pernahkah terlintas untuk memanfaatkan bahan-bahan alami disekitar Anda untuk mengobati wasir? Cobalah untuk membuat obat ambeien dengan memakai lendir lidah buaya yang dibalurkan pada bibir anus. Lidah buaya terkenal akan sifat antiseptik dan anti-radang yang mampu mengurangi pembengkakan pada ambeien.

Konsultasi pada dokter adalah jalan yang paling tepat, khususnya untuk ibu hamil yang merasa terganggu dengan ambeiennya. Semoga tips-tips diatas dapat bermanfaat!


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.